Friday 15th November 2019

    Baznas Kabupaten Bogor Menjadi Percontohan Program Kerjasama Se-Jawa Barat

    Baznas Kabupaten Bogor Menjadi Percontohan Program Kerjasama Se-Jawa Barat

    BOGOR-WARTA  INDONESIA PEMBAHARUAN, Program  kegiatan tahun 2019, Baznas Kabupaten  Bogor sudah berjalan hampir mendekati 75%. Hal tersebut diungkapkan oleh  Ketua Baznas Kabupaten Bogor, KH Lesmana  saat ketika acara  program  kegiatan Jumling (Jumat Keliling) di Masjid  AL-MUSTAQIM  pada  Jumat  (09/08)  yang bertempat pintu ledeng kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor kepada para awak media usai acara kegiatan, sedikit  berkomentar  meliputi  kegiatan Baznas Kabupaten Bogor terhadap masyarakat kabupaten Bogor.

    Menurut  KH Lesmana selaku  Ketua Baznas Kabupaten  Bogor  mengatakan di Jilid pertama  kita sudah  mengundang Marbot sebanyak  40  Masjid besar  melalui kegiatan program Jumling di wilayah  Kabupaten Bogor. Karna  melalui  program  Pemerintah Kabupaten  Bogor dengan  kegiatan  Jumling (Jumat Keliling)  nantinya  membantu marbot dilaksankan  hanya 1desa  dalam  satu  kecamatan. 

    Lanjut  Lesmana, Pendaftaran  Marbot  harus sesuai  berdasarkan  Kemenag  Kabupaten Bogor dengan berbadan hukum  atau  memiliki izin IMB (Izin Mendirikan Bangunan) sesuai yang diutarakan oleh Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin. Jadi kami harus lebih berhati-hati  untuk  membantunya  karna anggaran ini  adalah  anggaran dana  Pemerintah,  supaya  tidak boleh  menyalahgunakan. Penggunaan  anggran untuk membantu Marbot di data langsung oleh Kemenag  Kabupaten Bogor. Sebab Kemenag  lebih berwewenang.  

    Pendataan  Marbot  sudah  berlangsung  dalam rangka Maulib Nabi, bahkan  Marbot  gelombong  kedua sebanyak  416  Masjid akan  diusulkan dan di data nanti, melalui  kegiatan program  Jumling  Pemkab Bogor. Bahkan Baznas sudah mengumpulkan  1000 anak  yatim. Harapan Lesmana dengan intruksiBupati “kita atau Pemkab Bogor dipakai  sebagaipercontohan  untuk  propinsi  Jawa Barat dalam  administrasinya  yang  bekerjasama  dengan  program  Pemerintahan, “tuturnya. 

    Nantinya  dengan  dikeluarkannya  Intruksi  Bupati  Bogor dalam  kerjasamanya, kita mengarah  di  tiga  sarana yaiitu  meliputi  ke’agamaan, pesantren  dan  pedagang. Adapun  kegiatan  Baznas  Kabupaten  Bogor yang sudah berjalan  adalah Ritulaho, bencana  dan  membiayai  SD  sampai  SMA/SMK, dengan  cara  membantu sesuai  dengan  kebutuhannya  masing-masing. Misalkan  kalau ada  pengajuan Ritulaho,  harus  ada pengajuan  persyaratan  dari  kelurahaan  setempat .

    Selain itu ada juga yang mengajukan biayai  sekolah,  atau  orang  yang tidak  mampu nantinya  kemenag  yang  akan  mengkajinya. Ngaji guru agama dan Verifikasi dikeluarkan oleh Baznas Kabupaten  Bogor melalui pendaatan Kemenag  yang harus berbadan  hukum.  Dari  kantor kemenang lah semua .pendataan  yang di’input  oleh  kegiatan  Baznas untuk  menyalurkan  bantuan melalui program  Pemerintah  Daerah  Kabupaten Bogor. Agar  bantuan  tersebut  tepat  sasaran dan tidak  menyalah gunakan  serta melayani dengan baik.

    Selama ini  dibawah  kepemimpinan  KH  Lesmana  selaku  Ketua  Baznas  Kabupaten  Bogor, tidak pernah  lepas  dari  Program  Kegiatan  Pemerintah  Daerah  Kabupaten  Bogor  dalam  pelaksaan tugasnya  sesuai  dengan Intruksi  Bupati  Bogor, Ade Yasin. Anggaran dana Baznas kita salurkan  dengan tupoksinya  kepada masyarakat luas Kabupaten Bogor, karna itu adalah  amanah yang  perlu kita sampaikan sesuai  domisili kita yang ada diwilayah Kabupaten Bogor. Jadi  kita tidak  pernah  melenceng  dari  program  kegiatan yang  sudah  ditugaskan kepada kita, “ Ungkap  Lesmana sambil tersenyum.  (Herta)

    banner 468x60

    Subscribe

    Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

    No Responses

    Comments are closed.

    copyrihgt2019@PT.surya insan mandiri