Sunday 7th June 2020
    redwipnews.com

    ELPAGA Tolak “Dropping” Pejabat Kakanwil Kemenag Jabar

    ELPAGA Tolak “Dropping” Pejabat Kakanwil Kemenag Jabar

    BANDUNG – WARTA INDONESIA PEMBAHARUAN, Lembaga Elemen Masyarakat Pemerhati Kementerian Agama dan Masalah Keagamaan (ELPAGA), dengan tegas menolak atas adanya wacanayang berkembang terkait rencana penggantian Pejabat Kakanwil Kemenag Jabar melalui sistemdroppimg. Hal tersebut sehubungan dengan telah diberhentikannya Drs. H.A. Buchori, MM dari jabatannya sebagai Kakanwil pada tanggal 14 Januari 2020 lalu.

    Adapun yang menjadi dasar penolakan tersebut menurut H. Dedi Asikin – Ketua Umum ELPAGA adalah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Pasal 110 Ayat 4 yang menegaskan bahwa “Pengisian Jabatan Tinggi Pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitip pada tingkat Nasional atau antar Kabupaten/Kota dalam 1 (satu) Provinsi”.

    Bahkan saat ini juga sedang santer terkait adanya informasi bahwa Kakanwil Kemenag Jabar akan diisi dari unsur TNI. Dan menyikapi hal tersebut H. Dedi Asikin mengaku bahwa pihaknya juga telah melayangkan surat “PERNYATAAN SIKAP” sebagai bentuk penolakan atas upaya-upaya yang menurutnya tidak FAIR, karena selain telah diatur pada UU No. 5/2014 Tentang Aparatur Sipil Negara yang menjelaskan bahwa jabatan ASN yang dapat dijabat oleh prajurit TNI/POLRI adalah hanya jabatan pada instansi pusat tertentu, hal ini juga dikhawatirkan dapat melukai perasaan masyarakat dan semangat perjuangan orde Reformasi yang telah menghapuskan keberadaan Dwi Fungsi ABRI/TNI.

    Diakhir pernyataannya H. Dedi Asikin melalui ELPAGA menghimbau dan mengusulkan agar proses pergantian jabatan Kepala Kemenag Jabar dilaksanakan secara “Open Bidding” (penawaran terbuka) sebagaimana telah diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2017.

    banner 468x60

    Subscribe

    Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

    No Responses

    Comments are closed.

    Copyrihgt2019@PT. SILBERS M. STARS